Mengenai Saya

Foto saya
Saya suka dunia Pertanian, khususnya bidang Peternakan

Selasa, 13 Januari 2015

Dari tidak pasti menjadi Pasti


Berbagai pengalaman yang  telah saya lalui membuat saya dapat menyimpulkan bahwa untuk mencapai suatu kepastian, kita perlu melalui berbagai ketidakpastian terlebih dahulu. Misalnya saja dalam hal pekerjaan yang saya pernah  jalani. Pada awal semester 3 saya pernah bekerja sebagai guru les di lembaga bimbingan belajar di kota tempat saya kuliah. Saya tetarik dengan gaji yang ditawarkan dan tertulis rentang gaji yang buat saya cukup banyak. Bulan pertama saya dipercaya untuk mengajar privat  matematika seorang siswa SMP kelas 2. Hanya 1 bulan saya disuruh berhenti dulu dan hanya mengajar setiap minggu disebuah Masjid. Ternyata selama 1 bulan mengajar hasil yang saya dapatkan pengalaman dan lelah, karena 1 bulan pertama itu hanyalah masa training. Pada bulan-bulan berikutnya saya sudah tak pernah lagi dihubungi untuk mengajar lagi dan setiap ke kantor selalu tutup. Padahal saat itu Ijazah SMA saya masih disana sebagai bentuk pengikat kontrak. Sampai habis kontrak saya tidak mendapatkan uang. Tapi bagi saya tak jadi masalah, karena saya mendapatkan berbagai pengalaman disana.
Ada tawaran kerja lagi untuk saya. Padahal saat itu saya masih terikat kontrak dengan lembaga bimbingan belajar. Tapi karena tidak jelas, akhirnya saya memutuskan untuk mengambil pekerjaan ini. Kantor tempat saya bekerja ini merupakan usaha yang baru saja buka. Saat itu saya diposisikan sebagai supervisisor pada distributor susu. saat awal masuk kerja, saya berfikir, sepertinya memang sulit bekerja pada usaha yang baru seperti ini. Tapi tetap saya coba. Berbagai trik dan strategi pemasaran kami coba. mulai memasang brosur ke berbagai SMA,SMK,dan Universitas di kota tempat saya kuliah. Selain itu kami juga bernegosiasi ke pihak sekolah. Banyak berbagai tanggapan dari pihak sekolah, dari staf TU yang berbelit-belit, Kepala sekolah yang menanyakan surat-surat pengantar yang jelas, namun ada juga yang merespon dengan baik dengan mendukung program kami. Kami juga menyebar brosur ke public area, yaitu di alun-alun dan gelanggang olahraga. Berbagai usaha ini cukup baik dan sekitar 1 bulan awal penjualan susu di kantor cukup baik. Beberapa minggu kemudian harga susu naik dan para agen komplain, akhirnya omset turun drastis dan akhirnya tutup. Dari pekerjaan saya ini saya mendapatkan pengalaman, tanpa mendapatkan uang.
Tepatnya pada awal semester 7. Saat itu saya merasa sangat bosan. Saat itu sudah tak ada kuliah yang saya ambil, sehingga tak ada kegiatan untuk saya. Akhirnya saya mencari pekerjaan sambilan untuk mengisi waktu saya. Alhamdulillah saya mendapatkan pekerjaan di sebuah Warung makan. Dan perkerjaan saya kali ini merupakan pekerjaan saya yang paling bener. Tidak seperti pekerjaan-pekerjaan saya sebelumnya. Disini saya dapat berbagai ilmu memasak, manajemen keuangan, pemasaran, dan menghadapi pelanggan. Banyak ilmu yang saya dapatkan disini. Selain ilmu dan pengalaman, uang juga saya dapatkan dari pekerjaan saya ini.
Dari pengalaman hidup saya ini dapat saya simpulkan bahwa untuk mencapai suatu kepastian, kita harus melalui berbagai ketidakpastian terlebih dahulu. Ketidakpastian tersebut menjadi sebuah proses yang indah dan menjadikan pengalaman berharga  dalam hidup saya.



Tidak ada komentar: